Diet untuk Menurunkan Asam Urat

Posted: September 6, 2010 in Kesehatan

Gout, juga dikenal sebagai hyperuricemia atau asam urat tinggi, termasuk salah satu bentuk arthritis yang luar biasa menyakitkan/ secara umum berlangsung lama dengan sejumlah asam urat yang jumlahnya berlebihan di dalam darah.

Asam urat merupakan bagian yang normal dari metabolisme, dibuat tubuh ketika purin dipecah. Asam urat biasanya diencerkan di dalam tubuh lewat urin. Orang yang mederita gout kemungkinan memproduksi terlalu banyak asam urat atau tak bias mengeluarkannya secara efisien. Lama kelamaan, asam urat mengental dan membentuk kristal tajam disekitar sendi, mengakibatkan inflamasi dan rasa sangat sakit. Serangan dating dan pergi dan bias berlangsung selama berminggu-minggu. Asam urat tinggi dapat memperburuk tekanan darah tinggi, leukemia, dan diabetes.

Kristal yang menimbun di sekitar sendi dan tulang rawan ini lama kelamaan jadi besar. Akibat jangka panjang adalah, sendi lumpuh dan mengembangkan batu ginjal asam urat.

Menurut University of Maryland Medical Center, perubahan gaya hidup makanan tinggi purin (sejenis protein), dapat membantu mencegah serangan gout. Buah segar memberikan nutrient yang berharga dan dapat membantu mencegah symptom gout. Berikut diet untuk mengendalikan gout.

Hindari Makanan Tinggi Purin

Eliminasi makanan tinggi purin yang secara tipikal makanan kaya protein, tapi ada juga makanan dan minuman lain yang mengandung purin dalam jumlah bermakna. Eliminasi makanan ini dapat membantu mencegah simpton parah dan dapat meningkatkan khasiat terapi obat.

Makanan yang harus dihindari terdiri dari :

Jeroan (liver, ginjal, otak, jantung, dan lain-lain), sardine, anchovy, mackerel, ikan kalengan, kerang, daging sapi, daging babi, cokelat, bir, red wine dan kacang-kacangan (bean).

Makanan dengan kadar purin sedang (kurangi makanan ini), antara lain :

Pea, polomg-polongan, havermut, bayam, asparagus, jamur, kepiting, udang, belut, daging merah (daging sapi, kambing, babi), unggas, ikan lain, dan daging olahan.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam New Egland Journal of Medicine, Maret 2004, kombinasi makanan tinggi protein seperti polong-polongan, jamur, menunjukkan tidak meningkatkan risiko gout pada pria.

Makanan yang Boleh dikonsumsi

Menurut University of Pittsburgh Medical Center, orang-orang dengan gout dianjurkan makan roti, nasi, serelia, pasta yang diperkaya dan kentang karena karbohidrat membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Semua buah, jus buah dan kebanyakan sayuran dianjurkan karena mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral, antara lain antioksidan yang membantu mendukung system imun yang sehat dan menurunkan risiko infeksi dan penyakit. Produksi susurendah lemak, selai kacang tanah, cottage cheese, telur, dan unggas bisa diterima penderita gout dan menjadi sumber protein yang berharga.

Mayo clinic menganjurkan orang-orang dengan gout mengkonsumsi dayuran yang lebih alkaline seperti lettuce, worel, seledri, mentimun.

Stroberi, blueberry, dan anggur tinggi alkaline yang melarutkan asam uarat dan kristalnya, membantu dikeluarkannya dari tubuh ketika berkemih.

Diet Menurunkan Asam Urat

  • Minum 2 gelas air putih dengan perasan sari jeruk lemon setiap hari. Lemon kaya vitamin C (ascorbic acid). Vitamin C dapat ,elarutkan asam urat dan mengeluarkannya dari tubuh lewat urin. Jangan menambahkan gula karena dapat meningkatkan produksi asam urat dan mengiritasi pancreas.
  • Makan 2 cup ceri setiap hari. Ceri mengandung senyawa ampuh yang disebut anthocyanin yang memberikan warna merah tua pada ceri. Anhocyanin dapat menurunkan asam urat di dalam tubuh. Jangan makan ceri dalam sirup gula karena kandungan gla tinggi dapat meningkatkan kadar asam uarat di dalam darah.
  • Hindari makanan tinggi purin. Makan makanan rendah purin seperti produk kedelai (tahu, tempe, susu, kedelai), brokoli, nasi, buah-buahan dan jus.
  • Konsumsi makanan tinggi serat setiap hari. Serat dapat membantu menurunkan asam urat di dalam darah dengan mengikat kolestrol dari makanan yang dikonsumsi dan di eliminasi lewat feses. Makanan kaya serat antara lain prune, avokad, apel, pisang dan apricot.

Makanan berkhasiat obat untuk gout

Makanan tertentu dapat membantu tubuh mencairkan kristal asam urat dan mebantu ginjal mengeluarkannya, membersihkan darah dan membantu mencegah serangan gout. Konsumsi makanan berikut untuk meredakan symptom gout : tart cerry atau jus ceri, apple cider vinegar, nanas, kunyit, jahe, buah-buah berry, peterseli, seledri, lemon, makanan-makanan tinggi potassium jeruk seperti pisang, cantaloupe, jus jeruk. Menambahkan makanan dan bumbu ini ke dalam diet membantu meredakan sakit dan inflamasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s